LAP 2015 Masih Lama, Baca-baca Aja Dulu

02:46 Pia Zakiyah 3 Comments

Untuk orang yang katro masalah per-visa-an dan gak pernah punya pengalaman ke luar negeri kayak saya, kayaknya bakalan lebih gampang kalau bikin visa lewat agen. Gampang sih, enak juga kan diurusin. Tapi pasti bayarnya juga beda, bakalan lebih mahal kan?

Nah, berhubung saya tipe orang pembelajar, kerja keras dan ogah rugi, jadinya sekuat tenaga harus bisa ngurus visa nanti sendirian. Tapi karena proses permohonan visa belum bisa dilakukan, jadinya coba baca-baca dulu aja biar gak terlalu blank nantinya.


Padahal di University Center (UC) kampus ada bagian yang suka ngurusin visa, kirain di bantuin full sama bapaknya... eh ternyata enggak hehehe :') bapaknya bilang, "Nanti kalau ada yang mau ditanyain hubungi saya aja ya neng."

....padahal yang mau ditanyain banyak banget loh, Pak.

Yaudah deh, mengikuti panduan dari email yang dikirimkan sponsor, jadinya saya buka-buka link di bawah ini:




Kalau belum tau visa apa yang mau dibuat, semua info jelasnya bisa didapatkan di sini  lengkap dan pakai Bahasa Indonesia. Kalau belum tau visa itu apa, bisa tanya Mbah Google. Apakah visa itu miring? Oh itu Pisa. Apakah visa itu makanan monyet? Oh itu pisang... krik.



Bikin visa mahal gak sih? Nah.. kalau semua tentang info biaya bisa dilihat di sini. Mahal atau enggak tergantung berapa lama bakalan tinggal di sana. Tapi kalau buat saya sih mau lama mau bentar tetep aja mahal ya.. bisa beli baso satu gerobak buat satu tahun kayaknya. 


Ceritanya udah tau nih visa itu apa, visa yang mau dipilih apa dan juga harganya. Tapi tahapannya apa aja? Mungkin bisa ditengok di sini. Saya juga belum nyoba semua langkahnya sih, tapi kalau dibaca kayaknya gak terlalu ribet (((KALAU DIBACA YA))). Kalau dilakuin belum tau deh, hehe.


Nah, kalau pilihan jenis visa buat saya nanti itu adalah jenis Special Program Visa Subclass 416. Karena Language Assistant sudah jadi penghubung antara Indonesia dan Australia sejak lama, jadinya gak termasuk golongan pekerja. Jadi, bukan visa jenis working yang nantinya dibuat.

Sempet bingung gimana caranya nanti saya daftar visa, apakah ada tombol sign up atau apa gitu.. ternyata gak ada. formulirnya bisa diunduh di sebelah kanan bawah halaman yang ada tulisan apply now. Habis itu nanti formulir diisi dan dikirim lengkap bersama semua berkas melalui email. Canggih ternyata.


Nah... yang terakhir yang saya baca hari ini yaitu tentang health examinations. Sempet heboh mau medical check up dulu biar gak lama nanti bikin visanya, tapi ternyata kalau mau medical check up harus dapat ID buat nanti bikin visanya. Okay.. jadi dipending dulu. Sementara ini fokus balik lagi ke bikin asuransi. Semoga gak lama-lama deh ya..

Kiss,
- P

3 comments:

  1. Replies
    1. not studying... but working as an Indonesian language assistant. Wish me a good luck ya :D

      Delete
    2. wow.... Cool... :D

      I wish you have a wonderful life experience there. Especially the meals and nature.hehe

      Delete

Instagram Snaps

www.piazakiyah.com. Powered by Blogger.