Balada Air Bersih

18:42 Pia Zakiyah 0 Comments

Gambar diambil dari sini 

Gak kebayang kalau hidup di area yang susah air bersih. Mau buang air harus hemat banget, mau wudhu harus ngirit sengirit-ngiritnya, dan mandi pun udah jelas gak bisa. Keadaan ini yang lagi saya alamin sejak sore kemarin. Padahal belum juga 24 jam tapi saya udah begging for water dan bersyukur sejadi-jadinya saat kemarin-kemarin masih bisa nikmatin air seperti biasa. Sekarang cuma bisa berdoa dan berusaha biar air bisa ngalir lagi di rumah (meskipun yang berusaha cuma bapak dan tukang bangunan yang lagi benerin aliran dari sumur bor, sisanya? Cuma PDAM yang tau kapan aliran air dari perusahaannya lancar lagi).

Sebenernya gak kali ini aja sih ngalamin susah air. Di rumah orangtua di Cianjur pun sempet beberapa kali susah air karena gangguan dari PDAM. Alhasil ya bener-bener gak mandi dan cuma pakai air seperlunya. Bedanya, dulu masih ada tempat untuk menampung persediaan, nah sekarang bener-bener unprepared. Gak tahu kalau bakalan kayak gini pasca hujan besar kemarin sore. Mana sumur bor juga kongkalikong sama PDAM dan bikin deg-degan nunggu.


Ini baru masalah air bersih di ruang lingkup rumah tangga, gimana kalau masalah ini jadi masalah satu kota, satu provinsi, satu negara, bahkan satu dunia yang pada akhirnya bikin kita semua udah gak bisa lagi nikmatin air setetes pun? I'll be crying to the Pluto and back then find my skeletons remain.

It may sound mainstream and too often discussed for years, but we have the save the water. Kayaknya saya gak perlu bikin postingan argumentatif atau diskusi di sini, toh udah pada tau juga. Tapi kita, termasuk saya sendiri, kadang udah tau permasalahan ini cuma masih suka lupa buat menghemat air. Please forgive me for I have sinned.

Jadi, karena harus hemat air, mari kita kurangi mandi. Jangan kebanyakan mandi nanti kulitnya terkikis. Terus urat-uratnya pada keluar kan serem, bayangin aja daging tanpa kulit (oke kalau ini udah mulai lebay).

Terus kurang-kurangin juga tuh nangis buat hal yang gak penting. Entah itu nangisin pacar kek, nangisin mantan kek, nangisin pacar orang kek, yaaa.. kurang-kurangin lah. Sayang banget. Mending kalau nangis itu untuk tujuan yang jelas, misalnya buat mandi atau cuci baju. Jadi air mata yang keluar juga bisa ditampung dan bermanfaat. Quite a solution, right?

Kiss,
- P

0 comments:

Instagram Snaps

www.piazakiyah.com. Powered by Blogger.