Bucket List 2015: Daftar Naik Haji

16:26 Pia Zakiyah 5 Comments



Semaleman gak berhenti browsing  tentang Haji. Liat-liat tata caranya, video proses pelaksanaannya, tempatnya.. subhanallah entah kenapa baru tadi malam saya ngerasain gemetaran dan pengen banget berangkat ke sana. Sebelumnya saya cuma pengen bisa memberangkatkan orangtua aja, kalau saya bisa berangkat juga itu bonus. Sebelumnya juga pengen berangkat ibadah ke kota suci, tapi belum ada rencana lebih serius buat rencana itu. Sebelumnya cuma berandai-andai aja tanpa nyoba cari tau gimana proses daftarnya.. dan sekarang, daftar tabungan haji ada di bucket list no 1 setelah beres nanti perantauan di negeri kangguru.

Pic was taken from here
Rasanya pengen ngiris-ngiris laptop waktu liat harga ONH plus.. yaampun beneran ternyata sekitar $8500-9500. Waktu beberapa bulan ke belakang sempet liat brosur dari temen yang kerja di travel agent khusus umroh dan haji, kirain harganya bercana $9000. Diitung-itung ada Rp.100.000.000 kali ya. Untuk dapat nomor porsi minimal harus ada $4500. Tapi harga ini berbanding lurus dengan fasilitas yang didapatkan.. dan gak perlu nunggu bertahun-tahun buat berangkat. Cuma kayaknya saya harus mengurungkan niat buat daftar ONH plus ini.

Enggak ada pilihan lain selain daftar yang ONH reguler. Setelah browsing sana sini dan cari pilihan di bank yang kerjasama bareng Kemenag, kayaknya saya lebih tertarik daftar di Bank Mandiri. Dengan nabung di Mandiri, data haji akan dientri di SISKOHAT setelah saldo mencapai jumlah Rp.20.000.000 (keterangan bisa dibuka di sini). Kalau di bank lainnya kayak di BNI, BRI dan BTN baru bisa dapat nomor porsi kalau saldonya udah Rp.25.000.000. Syarat, ketentuan dan fasilitasnya mirip-mirip sih, cuma kalau di mandiri selain bisa dapet suvenir juga bisa ikutan undian umroh gratis *tetep* *gratisan hunter*.

Berangkat haji pake ONH reguler mungkin harus nunggu bertahun-tahun lamanya, tapi kalau gak daftar dari sekarang, makin lama dan jauh aja dari bucket list yang satu ini. Entah kenapa mau daftar doang sampe deg-deg-an kayak gini. Pengennya gak mau nabung lama buat sampe saldo minimal buat proses debet, pengennya langsung... tapi uangnya belum ada :)) Padahal kayaknya gampang tuh proses daftarnya, minimal bawa ktp dan setoran awal (ada yang Rp.100.000 atau Rp.500.000 tergantung bank), dan setoran minimal perbulannya. 

Proses pendaftaran haji lengkapnya ada di sini lengkap sama proses bulak-balik dari bank ke Kemenag. Tapi kalau di sini katanya untuk tahun ini minimal Rp.25.000.000, nah yang di Mandiri itu kayaknya emang harus dikonfirmasi ulang dan ditanyain ke CSnya langsung.

Sempet liat juga syarat dan ketentuan tabungan haji di bank-bank syariah. Kok saya malah gak ngerti dan terkesan rumit. Kalau di bank-bank di atas tinggal daftar, setor dan gak kena biaya apa-apa, bahkan gratis asuransi dan dapat suvenir. Tapi nanti mungkin saya harus crosscheck lagi ke bank syariah itu.

Ternyata saya baru tahu juga ada dana talangan haji. Nah untuk yang satu ini bener-bener belum paham. Katanya sih bisa minjem dulu buat saldo minimal dan dapat nomor porsi, tapi selanjutnya harus dilunasin sebelum keberangkatan.. ya masa hajinya ngutang :( yang ada takut gak tenang ibadahnya.

Duh.. semoga deg-degan di dalam hati ini tanda yang bagus, semoga bisa terwujud secepatnya. Pengen banget bisa berangkat sama orangtua dan juga suami :3. Semoga yang baca postingan ini bisa ikut ngedoain ya.. dan doa tersebut berbalik buat yang nge-aamiin-in. Aamiin.

Kiss,
- P

5 comments:

  1. Bismillah, semoga niat mulia Pia ini dilancarkan yaa, aamiin!

    ReplyDelete
  2. Yang talangan itu kayaknya pas naik haji udah gak utang lagi,, krn kan hrs dilunasi sebelum keberangkatan.. justru menurutku itu solusi supaya bisa dapet kursi cepet.. cmiiw yaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya kalau yang itu juga udah ditulis ko di situ harus dilunasi sebelum berangkat :)

      Delete
  3. Nice article and i like your writing becouse it's help ini to make happy and success. thanks
    by : Agoes

    Umroh Januari 2017

    ReplyDelete

Instagram Snaps

www.piazakiyah.com. Powered by Blogger.