[TIPS] Jalan-jalan ke Gunung Bersalju

17:48 Pia Zakiyah 0 Comments


Untuk mengunjungi tempat bersalju, apalagi jika belum pernah sebelumnya, sudah pasti kita harus memperhatikan beberapa hal penting. Nah, di tulisan kali ini saya akan memberi tahu beberapa hal penting yang bisa kamu masukkan ke dalam catatan persiapan perjalanan. Jadi, apa saja hal-hal penting tersebut?

PERINGATAN hal-hal yang dianggap penting oleh penulis belum tentu dianggap penting oleh orang lain. Jangan kecewa, protes, marah, apalagi murka :))


1. Tentukan tujuan

Bukan cuma tujuan pacaran sama si doi aja yang harus ditentukan, tetapi semua tujuan tempat yang akan dikunjungi juga. Jangan sampai sampai terhenti lewat opini orang lain, apalagi cuma pasrah-pasrah aja. Ketika menentukan tujuan kita juga harus tau apa saja yang kita harapkan dari tempat yang akan dikunjungi tersebut, jangan sampai nanti kecewa karena gak bisa ngelakuin apa-apa atau gak sesuai harapan. Oleh karena itu, hal lain yang paling penting dalam menentukan tujuan adalah mencari tahu informasi yang berkaitan. Seperti lokasi, biaya transportasi, tiket masuk tempat wisata dan kemungkinan biaya tambahan lainnya. Jangan lupa untuk berdiskusi bersama travel mates kita untuk menyamakan suara. Jangan sampai kamu pengen ke tempat itu tetapi travel mates kita gak mau. 

2. Lakukan booking selagi memungkinkan

Dikarenakan tempat yang akan dikunjungi bukan daerah kekuasaan kita, maka akan lebih aman dan nyaman kalau kita booking terlebih dahulu. Tanyakan segala pertanyaan yang kita punya, jangan ragu-ragu untuk meminta penjelasan fasilitas dari harga yang harus kita bayar. Dan juga tanyakan bagaimana cara pembayarannya. Saya pribadi lebih menyukai bayar langsung, jadi kalau masih bisa bayar langsung mending nanti aja.

3. Packing lebih awal

Hal yang bisa menyita perhatian cukup banyak sebelum keberangkatan yaitu packing barang bawaan. Kalau barang bawaanya sedikit sih gak masalah, tetapi kalau cukup banyak agak ribet juga ya. Saran saya kita gak perlu terlalu banyak membawa barang. Yang penting sih kamera (pastikan baterai sudah terisi penuh), powerbank (untuk menjaga eksistensi dan berbagi cerita), perlengkapan ponsel dan fotografi lainnya, alat solat (buat yang muslim), air minum, cemilan dan bekal (demi penghematan :p apalagi kalau sambil puasa), sarung tangan, beanie, syal, dan jangan lupa dompet beserta isinya!

4. Siapkan Outfit sehari sebelumnya

Untuk mengurangi kemungkinan terbuangnya waktu di pagi hari saat hari H, akan lebih baik (tentunya para ladies) untuk menyiapkan pakaian yang akan dipakai dari sehari sebelumnya. Saya ngerti banget kalau sebagian ibu-ibu dan teteh-teteh kadang suka ngerasa gak punya baju pas buka lemari dan jadinya malah bingung mau pakai baju yang mana *curhat*. Habislah waktu setengah sampai satu jam untuk memilih baju mana yang akan dipakai ke tempat tujuan dan cocok untuk difoto juga diunggah ke media sosial :))

5. Istirahat yang cukup

Poin yang ini sebenarnya sangat penting dan wajib dilakukan sebelum keberangkatan. Pastikan juga kondisi badan sedang sehat. Jangan sampai bergadang karena terlalu semangat sampai tidak bisa tidur. Because excitement can make you stay up all night... ini berdasarkan pengalaman pribadi bertahun-tahun sih sebenarnya. Saya pribadi kalau mau pergi-pergi selalu gak bisa tidur dan jadinya malah ngantuk banget di hari H. Karena gak mau kejadian lagi, jadinya saya paksakan tidur lebih awal setelah yakin semua persiapan sudah siap. Gak mau kan pas yang lainlagi senang-senang tapi kita malah lemas?

6. Bangun pagi, mandi dan sarapan

Kayaknya gak perlu dijelasin juga udah paham ya kenapa ini penting xD kecuali kalau udah mandi dari semalam, ya gak apa-apa deh :D

7. Tepat waktu

Kalau kita harus pakai angkutan umum di negara orang, tepat waktu adalah hal yang gak bisa diganggu gugat. Sekalinya kita gak tepat waktu, dijamin kita ketinggalan bis dan kacau deh liburannya. Apalagi kalau naik bis dari daerah desa yang jadwalnya cuma sehari sekali :)) gak boleh banget ketinggalan!

Pengalaman saya nih, karena saya waktu itu harus ke kantor pos dulu ngecek pengiriman barang, jadinya teman-teman saya duluan pergi ke halte bis. Tapi karena petugas posnya harus cek berkali-kali dan yakin pengirimannya belum ada, saya jadi harus nunggu lama. Sampai-sampai saya gak sadar waktu untuk naik bis jadi mepet dan harus lari-lari ke halte bis. Ternyata bisnya udah datang! Tapi untung masih dalam "sesi pengeteman" jadinya saya selamat. Alhamdulillah, perjalanan saya waktu itu gak jadi gagal :D

8. Nikmati perjalanan

Karena terlalu semangat, kadang-kadang bisa jadi lupa cara menikmati perjalanan. Santai aja.. enjoy! Jangan lupa, nanti di gunung gak ada sinyal (kalau providernya jelek. Kalau yang bagus sih masih ada aja :d). Jadi kita bisa update status kita di jalan *tetep*.

9. Sewa jasa transportasi

Kita bisa bawa kendaraan pribadi, tetapi ribet karena kondisi jalanan yang licin bersalju jadi kita harus bawa rantai untuk ban mobil kita. Kalau ada sih gak apa-apa, tapi kalau gak ada jangan dipaksakan.

Chained tire. Sumber tahoetransportation.sierraweb.net
Sewa jasa transportasi.
Nah, lebih enak kita sewa jasa transportasi. Selain kita gak perlu capek bawa kendaraan, kita lebih santai karena gak perlu memikirkan nanti parkir gimana dan tambahan biaya parkirnya. Biasanya Jasa transportasi sudah termasuk tiket area gunung bersaljunya. Jadi kita gak perlu beli apa-apa lagi. Gak usah bingung kalau cuma sedikitan karena bis akan tetap berangkat :D

10. Sewa perlengkapan

Gak perlu beli semua perlengkapan yang akan kamu perlukan. Ngapain beli kalau masih bisa sewa? Soalnya harga perlengkapan bersalju itu mahal-mahal.. dan sayang kalau cuma dipakai sekali atau dua kali aja (kecuali kamu mau ngumpulin buat suvenir sih, hehe).


Sebelum masuk ke bis yang disewa, pastikan sewa peralatan bersalju, termasuk pakaiannya. Bisa sih sewa nanti aja kalau udah sampai tempat, tapi biasanya lebih mahal. Meskipun gak beda jauh-jauh banget tapi lumayan kalau beda $3-$5 per barang kan kalau dijumlah jadi banyak :D! Oh iya, untuk sarung tangan, saya harus beli. Soalnyagak ada penyewaannya. Sebenarnya saya udah bawa sarung tangan kulit dan wool, tapi karena perlu yang waterproof biar gak dingin jadilah beli juga :s.

Sarung tangan anti air merah muda (beli), boots (sewa), celana kulit sintetis lumayan anti air (beli), jaket (beli).

11. Foto-foto

Foto-foto hukumnya wajib! Apalagi buat para maniak kamera :)) supaya kamu gak lupa gimana pengalaman kamu, coba dokumentasikan dari awal perjalanan sampai kamu pulang lagi. Bisa juga sambil merekam video dan seru-seruan bareng travel mates. Gak perlu yang selalu harus monoton dan 'pencitraan'. Bikin video atau foto-foto lucu dan romantis supaya kamu bisa menikmati liburan dan gak lupa caranya bersenang-senang!

Bisa juga bawa foto orang yang kamu sayang yang kamu harap lagi ada di samping kamu saat itu.

Salah satu kekonyolan yang wajar.
12. Bersenang-senang!

Nah, selain foto-foto yang bisa bikin kamu senang, kamu juga bisa bermain tobogganing (ride on a toboggan), skiing, cross country skiing, hiking, flying fox, dan tentunya membuat bola salju dan snowman! Cuma jangan berharap kita bisa ngelakuin semuanya di setiap tempat yang bersalju. Beberapa area wisata gak menyediakan fasilitas itu karena beberapa alasan. Bisa jadi karena luas area atau pun ketebalan salju. Contohnya di Lake Mountain Victoria, tempat yang saya kunjungi, mereka tidak menyediakan fasilitas untuk bermain ski kecuali cross country.

13. Berkeliling di area bersalju

Setelah bermain dan bersenang-senang, kamu bisa istirahat atau keliling lagi cari spot-spot untuk menambah koleksi foto kamu.

Cari spot-spot bersalju.
14. Perhatikan waktu kunjungan

Semakin siang akan semakin banyak orang yang datang. Jadi kamu wajib juga untuk memperhatikan waktu kunjungan kamu! Harusnya alasan ini ditaruh di atas ya (Hehe.. maaf-maaf tadi terlewat :D). Saya sarankan sih lebih pagi lebih bagus, soalnya area untuk bermain tidak padat, salju masih tebal dan latar belakang untuk foto juga lebih bagus. Kalau sudah siang jadi berasa di pasar :))

Makin siang makin banyak orang. Antri pula!
15. Pulang dengan hati senang


Akhirnya tiba juga di tips terakhir. Puas dengan pengalaman yang baru saja dialami gak bakalan lengkap kalau hati kamu gak merasa senang! Meskipun lelah dan badan sakit sana sini, tapi tetap harus dinikmati. Jangan ngeluh apalagi nyesel.. ingat, pilihan untuk datang ke tempat itu adalah pilihan kamu sendiri. Meskipun kamu diajak orang lain dan cuma jadi pengikut, tapi tetap kamu memutuskan untuk ikutan kan.. hehe. Jadi nikmati dan pulanglah dengan hati senang! Di jamin gak rugi :)

Semoga saran-saran yang ada di sini bisa bermanfaat ya. Jangan lupa, nabung dari sekarang biar santai :D

Kiss,
-P


0 comments:

Instagram Snaps

www.piazakiyah.com. Powered by Blogger.