Ayam Penyet Ria: Cita Rasa Indonesia di Melbourne

15:47 Pia Zakiyah 9 Comments

Ayam Penyet Ria
"Gimana, kangen sama Indonesia enggak?"

Sering banget saya dapat pertanyaan kayak gitu. Dan jawaban yang selalu saya berikan adalah: "Ya kangen lah.. Apalagi makanannya!". Sebagai tukang makan dan pecinta kuliner tanah air, berat rasanya saat harus berjauhan dengan beragam bumbu dan rasa khas Indonesia. Apalagi makanan yang pedas-pedas... Uhhh paling susah deh saya nahannya!

Dulu saya sampai harus bawa bon cabe sendiri dari Indonesia karena saya takut gak bisa makan kalau tanpa sentuhan pedas. Eh.. Ternyata di Melbourne juga ada bon cabe di toko-toko Asia xD. Seneng banget deh rasanya bisa tetap menikmati rasa pedas di lidah.. Ini artinya perut bakalan tetap aman :D.

Tapi bagaimana dengan menu makanan lainnya di sini? Saya bisa sih sedikit-sedikit masak... Cuma kurang afdol gitu rasanya. Agak lucu juga sebenarnya, dulu saat di Indonesia saya lebih suka kuliner khas luar negeri. Tapi pas sudah tinggal di luar negeri saya malah pengennya menu Indonesia terus! Akhirnya saya pun mendaftar restoran-restoran Indonesia di sini dan setelah cari tahu, saya menemukan Ayam Penyet Ria yang berlokasi di Clarendon Street. Dari tampilan sambalnya sih sangat menarik, pertama kali lihat langsung jatuh cinta!



Sambalnya yang bikin ketagihan!


Dan ternyata dugaan saya terbukti, sambal di Ayam Penyet Ria enak banget! Mirip banget sama sambal di Indonesia, gurih-nikmat-dan-membawa-diri-ini-ke-angan-angan xD . Sejak saat itu, saya selalu ingin balik lagi ke tempat makan ini. Walaupun makannya sambil kepedesan, tapi tetep nagih. Gak kapok-kapok. Jangan lupa juga cocol lalapan dan tahu tempenya. Maknyus!

Meskipun ayam penyetnya enggak atau kurang dipenyet (aneh juga sih.. Jatuhnya kayak ayam goreng biasa aja pakai tambahan kriuk-kriuk), tapi tetep aja saya suka. Apalagi pas makan sambalnya dicampur kecap manis. Wuahhhhhh bikin ngiler diri sendiri kalau lagi kangen pengen makan di sini.

Tempat ini selalu ramai setiap hari, apalagi saat jam makan siang. Kebanyakan sih warga Indonesia juga yang makan di sini, tapi suka ada aja orang Asia lainnya dan juga bule yang juga mau coba makan di sini. Kalau enggak terlalu suka yang pedes-pedes bisa coba menu lainnya. Ada gado-gado, rawon, soto, dan kadang juga ada pempek palembang. Harga berkisar AUD $10-$20.

Nah buat siapapun yang ke Melbourne dan kangen masakan Indonesia, wajib banget ke Ayam Penyet Ria. Dari pusat kota, kita bisa naik trem no 12 dari depan Southern Cross ke arah Melbourne Selatan. Nanti berhenti di Clarendon Street No 248. Rumah makan ala Indonesia ini biasanya buka dari jam 12 siang sampai jam 20.30. Kalau enggak sempat makan di tempat, kita bisa take away loh. Kalau mau nambah sambalnya juga bisa, tapi harga satuannya 50 cents :D. 

Oh iya! Saya punya beberapa tips makan di rumah makan Indonesia di Melbourne:
1. Jangan pernah membandingkan harga di sini dengan di Indonesia. Kalau dibandingkan terus yakin deh enggak bakalan mau makan. Menu tradisional yang biasanya bisa dibeli dengan harga Rp.10.000 - Rp.50.000, di sini harganya bisa berkali-kali lipat karena disesuaikan dengan standar biaya hidup orang sini. Belum lagi bumbu dan bahan yang mungkin gak ada di sini, jadi wajar kalau lebih mahal.
2. Bisa pesan makanan pakai bahasa Indonesia. Biasanya banyak tempat makan Indonesia di Melbourne yang memperkerjakan orang Indonesia juga, jadi kita enggak perlu pesan pakai bahasa Inggris. Tapi harus hati-hati, jangan lupa cek dulu siapa tau mereka bukan orang Indonesia dan mereka enggak ngerti apa yang kita katakan hehehe.
3. Jangan lupa sapa kasir pas kita pesan makanan. Selain karena sudah jadi kebiasaan di sini, kita bisa coba sapa dengan ramah siapa tau dikasih diskon :D.
4. Bawa uang tunai. Ada banyak tempat makan Indonesia di Melbourne yang gak bisa pakai kartu debet (EFT Pos), jadi lebih baik ke ATM dulu dan pastikan kita bawa uang tunai.
5. Cek lokasi di peta atau aplikasi dengan baik. Kalau pertama kali cari tempat makan Indonesia di negara orang lain wajib banget cek di peta atau aplikasi transportasi publik. Jangan sampai nyasar xD.
5. Jangan ngomong yang aneh-aneh dan jangan curhat terlalu kencang saat makan. Soalnya meskipun di negara orang, tapi rata-rata yang ada di situ kan orang Indonesia juga hehe.

Pokoknya.. buat siapapun yang mau ke Melbourne, jangan khawatir sama menu makanan dari Indonesia... Banyak kok di sini yang enak-enak. Cuma harus cek dan ricek dulu siapa tau rasanya kurang pas di lidah kamu. Tapi kalau untuk Ayam Penyet Ria sih pasti juara! Aku enggak pernah kecewa meskipun sudah berkali-kali makan di sana. 

Duh, jadi lapar!

Kiss,
-P

9 comments:

  1. Noted kalau seandainya bisa nyusul kayak Teh Pia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin! mudah-mudahan bisa ke sini yaaa

      Delete
  2. Indonesia memang kaya akan citaras hehehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. pokoknya makanan Indonesia paling enak deh :)

      Delete
  3. koki nya orang indonesia asli juga gak tuh mba ?
    ayam penyet ria ini franchise kalau nda salah ya? beberapa tersebar di kota besar di indonesia juga


    www.superarmz.blogspot.co.id

    -kunjungan balasan-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya, soalnya pada ngomong bahasa Indonesia Mas :D
      Iya katanya ada di beberapa kota di Indonesia tapi gak tahu apa itu franchise yang sama atau bukan, tapi yang pasti gak mengecewakan hehehe

      makasih udah berkunjung ya mas :)

      Delete
  4. Nampaknya rasanya akan berbeda ketika ada di negeri orang ya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya agak kurang terasa "penyet"nya tapi secara keseluruhan enak banget kalau dibanding makanan lan yang ada di sini hehehe

      Delete
  5. Pasti mbak Pia kangen banget ya sama masakan indonesia :D

    ReplyDelete

Instagram Snaps

www.piazakiyah.com. Powered by Blogger.